Powered By Blogger

Jumat, 14 September 2012

Manfaat Cyberpreneurship

Ehmmmm, sesuai janji saya dipostingan sebelumnya tentang Manfaat cyberpreneurship, saya beneran menambahkan koq tenang aja :p.
Teknologi informasi memiliki peranan yang cukup penting dalam menunjang proses bisnis sebuah perusahaan, termasuk usaha kecil dan menengah. Pada perusahaan-perusahaan besar penerapan Teknologi informasi telah banyak dilakukan dalam mendukung kemajuan bisnisnya. Namun bagi Usaha Kecil Menengah penggunaan Teknologi Informasi ternyata belum dalam proses bisnis masih cukup rendah.
Jika dilihat dari sisi Manfaat Cyberpreneurship akan memberikan dampak positif bagi UKM diantaranya peningkatan akses kepada pasar, informasi, efisiensi produksi dan lain sebagainya. Selain itu penggunaan Teknologi oleh UKM akan mendatangkan peluang-peluang usaha baru.
Kurangnya pemahaman peran strategis yang dapat dimainkan oleh TI terkait dengan pendekatan baru pemasaran, berinteraksi dengan konsumen, dan bahkan pengembangan produk dan layanan diduga sebagai sebab rendahnya adopsi TI oleh UKM di Indonesia. Berdasar survei yang dilakukan terhadap UKM , alasan UKM yang belum menggunakan komputer adalah karena tidak merasa butuh (82,2%), dukungan finansial yang terbatas (41,1%), dan karena tidak memiliki keahlian untuk menggunakan (4,1%).
Dari UKM yang telah mempunyai komputer, belum banyak yang menggunakannya untuk aktivitas strategis dan berorientasi eksternal. Sebagian besar UKM di Indonesia berada pada tingkat belum menggunakan Internet. Hal ini didukung oleh data bahwa sebanyak 68,9% UKM menggunakan komputer hanya untuk mengetik surat atau laporan, 66,67% untuk melakukan perhitungan, 34,5% untuk mengakses Internet, 43,7% untuk mendesain produk, 28,7% untuk menjalankan sistem informasi, dan 20,7% untuk melakukan presentasi.
Tabel penggunaan Internet oleh UKM
Rangkuman dari Manfaat Cyberpreneurship
==================================
No Penggunaan %
==================================
1 Mencari informasi pasar 92,16
2 Mencari informasi desain 80,39
3 Memasarkan produk 60,8
4 Komunikasi dengan mitra usaha 58,8
5 Komunikasi dengan konsumen 45,1
6 Memfasilitasi pemesanan online 37,3
7 Komunikasi dengan pemasok 37,3
8 Transaksi online 29,4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar